Sabtu, 09 Februari 2013

" JANGAN ASAL TEGUR "


YAKOBUS 5:19-20
"(19) Saudara-saudaraku, jika ada di antara kamu yang menyimpang dari kebenaran dan ada seorang yang membuat dia berbalik, (20) ketahuilah, bahwa barangsiapa membuat orang berdosa berbalik dari jalannya yang sesat, ia akan menyelamatkan jiwa orang itu dari maut dan menutupi banyak dosa."

Apa yg seharusnya kt perbuat bila kt mengetahui bhw sodara seiman kt menyimpang dari jalan TUHAN, dgn perkataan lain: hidup dlm dosa..?? Kita berTANGGUNG JAWAB membimbing dia kembali ke jalan TUHAN.

Hal itu sesuai dgn nasiht dr TUHAN YESUS yang tersirat dalam MATIUS 18:15. Bila kt tdk berusaha melakukannya, berarti kt MENYETUJUI PERBUATANNYA itu. Bukankah sesama orang Kristen dinasehati untuk saling mengasihi..??

Bila kt MEMPUNYAI KASIH YESUS di dlm hati kt, maka kt akan TERDORONG untuk mengarahkan sodara seiman itu kembali ke jalan yg benar.
Memang tidak mudah untuk melakukan hal tersebut. Kita perlu bersikap BIJAKSANA n PENUH KASIH YESUS.

Teguran yg disampaikan dgn sikap MEMPERSALAHKAN dan MENGKRITIK ato MENGHAKIMI "TIDAK AKAN MEMBAWA HASIL YG POSITIF".

Kita dpt belajar dari cara TUHAN mengarahkan Wanita Samaria (YOHANES 4). Penting sekali untuk MENYELIDIKI apa MOTIVASI kt dlm MENEGUR ato MENGARAHKAN :
Apakah karena kt MENGASIHI orang itu dgn KASIH YESUS ato Sekedar karena kita ingin MENYATAKAN bahwa dia bersalah..??

Ayat 19 tadi ditujukan kepada jemaat, tetapi ungkapan "orang berdosa" dlm ayat 20 tampaknya di tujukan jg kepada orang2 yg blum menerima YESUS KRISTUS sbagai JURU SELAMATnya. Mereka disebut "orang berdosa", sedangkan jemaat biasanya disebut dgn "orang2 kudus" (Roma 1:7 , 1Korintus 1:2 , Efesus 1:1 ).

Tentu yg berkuasa menyelamatkan seorang berdosa hanyalah TUHAN saja. Namun seorang Kristen dapat di pakai sbagai alat TUHAN untuk membawa orang2 kepada-NYA.

"MENUTUPI BANYAK DOSA" mengacu kpd dosa2 yg dihapus oleh darah YESUS karena orang berdosa itu bertobat. Sebagai orang Kristen kt berTANGGUNG JAWAB untuk mengarahkan orang2 berdosa ke jalan yg benar. Sebagaimana tertulis dalam YEHEZKIEL 3:18 "Kalau Aku (TUHAN) berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati! -dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya iat tetap hidup, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku (TUHAN) akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu."


Sodaraku,,
LEBIH BAIK TEGURAN YG NYATA DRPD KASIH YG PURA2 itu BAIK n BENAR asal kita gunakan dgn MOTIVASI yg BENAR dan untuk KEMULIAAN BAPA..
So... JANGAN ASAL MAIN TEGUR..!!!


IMMANUEL
JESUS BLESSING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar