Senin, 18 Februari 2013

Tidak Mengingat Kesalahan


“Sebab Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka” (Ibrani 8:12).

Pernahkah Anda sakit hati oleh orang tua, kakak, adik, saudara atau orang lain? Saya percaya semua pernah disakiti entah itu oleh keluarga sendiri ataupun orang lain. Tapi apakah Anda lalu mengampuninya, terus melupakannya? Sebagaian pasti menjawab, “Ya saya mengampuninya, tapi…….ehem, kalau melupakan sulit bagi saya!”
Memang benar untuk melupakan kesalahan orang pada kita tidaklah mudah begitu saja untuk dapat dilupakan, tapi sebagai anak-anak Tuhan, kita harus mampu untuk dapat melakukannya, yaitu mengampuni lalu melupakan! Firman Allah menuliskan, “Tetapi jika kamu tidak mengampuni, maka Bapamu yang di sorga juga tidak akan mengampuni kesalahan-kesalahanmu” (Mrk. 11:26).
Jika Anda berkata, saya mengampuni tapi tidak dapat melupakan berarti sama saja Anda tidak mengampuni. Kita harus dapat atau sanggup untuk melakukannya, karena dosa-dosa kita pun diampuni, bukan hanya diampuni tapi Tuhan Yesus tidak mengingat lagi dosa-dosa kita lagi. Sungguh indah bukan, jika kita sama seperti Tuhan Yesus lakukan?
Jika Anda belum dapat melupakan kesalahan orang lain, lakukanlah hal ini:
1. Doakanlah, jika Anda ingat pada orang yang menyakiti Anda, doakan dan berkati.
2. Lupakan, memang tidak mudah, tapi dengan kekuatan Roh Kudus Anda mampu melakukannya, jika belum mampu lakukan lagi terus hingga Anda benar-benar dapat melakukannya.
3. Kasihi dan berbuat baik padanya, hal ini cukup sulit. Tetapi jika Anda ingin sama seperti Yesus, saya percaya ada suatu kekuatan yang besar sehingga Anda sanggup untuk mengasihi dan berbuat baik padanya.

Renungan:
Ingatlah bahwa dosa-dosa Anda telah diampuni secara total oleh Allah. Anda tidak perlu ragu dengan apa yang difirmankan-Nya, namun camkan bahwa pengampunan ini terjadi bila Anda juga mengampuni orang yang bersalah kepada Anda. Ingat doa “Bapa Kami”: …..dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kamipun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami……!


IMMANUEL
JESUS BLESSING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar