Sabtu, 09 Februari 2013

" PANDANGAN TUHAN DAN PANDANGAN MANUSIA TENTANG KEGAGALAN "


Maka mulailah Petrus mengutuk dan bersumpah: “Aku tidak kenal orang itu.” (Mat 26:74).

Petrus menyangkal Yesus, bahkan sampai mengutuk dan bersumpah. Seandainya Petrus hidup di jaman sekarang so pasti dia ditolak habis-habisan. Ga mungkin diterima lagi dalam pelayanan. Atau bisa kembali kepelayanan setelah di konseling (maybe 1-2 tahun-ter
gantung gereja masing-masing), itupun ga bisa balik spt dahulu. Truzz ga akan lagi ditempatkan di posisi kepemimpinan. Itu masih mending, bahkan beberapa pendeta merasa bahwa Petrus ga ada harapan lagi bakal ke neraka deh, mengingat dosanya begitu besar karena ‘mengutuk’ dan ‘bersumpah’ tidak mengenal TUHAN. Tapi itukan standar manusia.

Ketika Petrus bertobat, TUHAN YESUS memulihkan dia dan hanya dalam waktu kurang dari 2 bulan saja Petrus berkotbah di hadapan banyak orang dan 3000 orang bertobat. Tidak sampai di situ Petrus memegang posisi kepemimpinan utama dalam jemaat mula-mula.

Ini jaman keras. Di dalam pelayanan, kamu hanya bisa diterima kalo kamu baik dan ditolak kalo kamu gagal. Sebagai pemimpin kalo kamu jatuh, ga bakalan orang mau percaya lagi sampai mati. Apalagi kalo kamu tipe pemimpin revolusioner atau radikal. Kalo kamu gagal, orang-orang kecewa, sampai tidak bisa menerima
engkau di pelayanan lagi. Itulah standar dunia, tapi bukan standar TUHAN. Panggilan TUHAN ga akan digagalkan oleh manusia. TUHAN bisa memulihkan orang-orang panggilannya (walau seburuk apapun kesalahannya).

Saat engkau jatuh ato dijatuhkan sebenarnya TUHAN sedang memberikan ujian (yang tak ketara) kepada orang- orang sekitarmu, kepada keluargamu, kepada rekan sepelayananmu,
sahabatmu, kepada mitramu, kepada gembalamu. TUHAN menguji hati mereka apakah mereka masih mau menerimamu ataukah mereka ‘mencuci tangan’ dan menolakmu.

Ambil pelajaran dari kisah kejatuhan Petrus.
Sekarang tanyakan pada dirimu, jika gembalamu, mentormu, sodaramu, atau temanmu jatuh bagaimana sikapmu..?? Sebagaimana TUHAN, kita harus bisa menerima orang yang gagal. Itu ujian buat kita juga sebetulnya..!!

TETAP SEMANGAT N IMMANUEL..
JESUS BLESSING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar