Jumat, 08 Februari 2013

" 5ROTI DAN 2IKAN "


MATIUS 14:16-20
Tetapi Yesus berkata kepada mereka:"Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan." Jawab mereka: "Yang ada pada kami di sini hanya lima roti dan dua ikan." Yesus berkata: "Bawalah ke mari kepada-Ku."
Lalu disuruh-Nya orang banyak itu duduk di rumput.
Dan setelah diambil-Nya lima
roti dan dua ikan itu, Yesus
menengadah ke langit dan
mengucap berkat, lalu
memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya membagi-bagikannya kepada orang banyak. Dan mereka semuanya makan sampai kenyang.
Kemudian orang
mengumpulkan potongan-
potongan roti yang sisa, dua
belas bakul penuh.


Ada beberapa pelajaran
menarik dari nas ini bagi kita yang melayani Tuhan.

1. Pelayanan berdasarkan perintah atau panggilan Tuhan ("Kamu harus memberi mereka makan"). Pelayanan gerejawi bukan karena kehendak manusia, mencari keuntungan, gengsi, kuasa, dsb tetapi karena panggilan Tuhan dan demi kemuliaanNya.

2. Para pelayanan harus mengakui ketidakmampuannya ("yang ada pada kami ..hanya lima roti dan dua ikan"). Sering Tuhan mengijinkan kita dalam keterpojokan agar kita bersandar kepadaNya bukan pesimis dan putus asa seperti para murid saat itu. Dalam kelemahan kita kuasaNya bekerja semakin nyata. Dunia mengagungkan "kebesaran" dan menghina "yang kecil". Gereja ikut-ikutan berlomba menjadi besar dari segi fisik, menara yang tinggi kemegahan, dsb. Namun Allah menghargai "kawanan kecil" (Luk. 12:32) serta "5 roti dan 2 ikan."

3. Kristus adalah pemimpin dalam pelayanan ("bawalah kemari kepadaku") Jika Yesus yang memimpin pelayanan maka pasti ada pertolongan dalam segala perkara yang sulit. Hal kecil yang diserahkan kepada Kristus dapat memenuhi kebutuhan orang banyak. Kita mungkin kecil dalam hal: uang, talenta, kesempatan dsb. namun jika diserahkan kepada Kristus maka dapat melakukan perkara besar.

4. Para pelayan harus dibimbing Kristus ("lalu murid- muridNya membagi- bagikannya kepada orang banyak"). Para pelayan Kristen bukan tuan dalam gerejaNya melainkan pada "hambaNya". Para murid memberi roti dan ikan yang mereka terima dari Yesus sendiri.

5. Hasil pelayanan yang berkelimpahan ("dua belas bakul penuh"). Kristus saja yang sanggup memenuhi kebutuhan hidup kita, khususnya hidup kekal. Pelayanan yang dibimbing Kristus dan bergantung kepadaNya akhirnya akan berhasil dengan berkelimpahan demi kemuliaanNya.


IMMANUEL
JESUS BLESSING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar