Jumat, 08 Februari 2013

"Proses Perubahan Diri"


Shallom Sobat Kristus..

Banyak orang ingin berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Pribadi yang sabar, tidak pemarah, menang terhadap dosa, orang yang tidak egois, orang sukses, tidak pendendam, selalu bersyukur, murah hati, dan bahkan ingin berubah semakin serupa dengan Kristus. Namun, banyak di antara mereka yang gagal. Mengapa? Karena yang mereka coba ubah adalah apa yang ada di luar dahulu,  seperti mencoba mengubah keadaan, kelakuan, pikiran, ataupun konsep diri.

Nah, kalau begitu apakah yang harus berubah dahulu?
Amsal 27:19 Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu.

Hati adalah kualitas manusia yang di dalam. Keadaan hati manusia akan mencerminkan keadaan luar manusia tersebut. Karena itu Firman Tuhan memerintahkan kita untuk selalu menjaga hati kita.

Amsal 4:23 Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Hati ibarat tanah yang subur, yang ditanam apa saja pasti tumbuh. Lebih sulit untuk membangun hati yang benar daripada membangun bangunan yang tinggi. Mengapa banyak orang tidak berubah? Hidup dalam kebencian, kepahitan, imajinasi seksual, keegoisan, percabulan, dan ikatan dosa lainnya. Hal itu disebabkan karena mereka berusaha mencoba menyelesaikannya dalam kondisi hati yang tidak benar atau belum beres.

Matius 15:19 Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.

Nah, bagaimana supaya kita dapat berubah?
Akui kondisi hati kita kepada Tuhan dan sesama
Keterbukaan adalah awal dari pemulihan. Kita harus mengakui setiap hati yang tidak benar kepada Tuhan, maka Tuhan akan mengampuni kita, sebab Yesus telah mati untuk menebus setiap dosa-dosa kita.
1 Yohanes 1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Namun, kita juga harus mengakui setiap dosa kita kepada sesama juga. Kita harus memiliki keterbukaan hati supaya kita sembuh.
Yakobus 5:16 Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Keterbukaan hati kepada Tuhan dan sesama akan membuat hati kita bersih. Milikilah hati yang transparan kepada Tuhan dan sesama.

Banyak orang mau dipulihkan, menerima banyak Firman, tetapi tidak mau hidupnya transparan, masih terus menyembunyikan dosanya, akibatnya mereka tidak mengalami perubahan yang sejati. Mengapa? Karena benih Firman tidak dapat bertumbuh di dalam kondisi hati yang tidak benar.


Isi hati dengan kebenaran Firman Tuhan
Ketika kondisi hati telah benar, segeralah tanamkan hati dengan kebenaran Firman Tuhan. Benih Firman yang ditanam di tanah hati yang subur akan bertumbuh dan berbuah. Itulah yang akan mengubahkan kehidupan seseorang.
Hiduplah terus dalam disiplin rohani (Firman dan doa).

IMMANUEL
JESUS BLESSING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar